Kabar Terkini

Iklan

Iklan

EKONOMI

Bogor Raya

Advertising

Iklan

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Serda Agus Motifasi Warga Pengumpul Barang Bekas di Wilayahnya

Dibaca 0 kali

Surakarta - Babinsa Gajahan, Koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735 Surakarta Serda Agus selalu aktif dalam Pembinaan Teritorial diwilayah binaanya, termasuk dengan para pengumpul barang bekas/pememulung yang berada di wilayahnya (15/07/2019).

Serda Agus mengatakan “Komsos dengan pengumpul barang bekas sengaja dia dilakukan bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada warga binaannya agar mau peduli terhadap kebersihan lingkungan sehingga pemukiman mereka tidak kelihatan kumuh serta terhindar dari penyakit”, Saya selaku Babinsa secara terus menerus mengingatkan tentang kebersihan lingkungan.

Serda Agus Santoso Babinsa Gajahan Koramil 05/Pasar Kliwon Kodim 0735 /Surakarta menyambangi Sukir seorang pengumpul barang bekas di wilayah Kel Gahahan. Di dalam komsosnya tersebut Seda Agus menyampaikan , ” Dengan mengobrol dan anjang sana yg merupakan bagian dari komukasi sosial diharapkan warga yang tinggal diwilayah binaannya selalu memperhatikan masalah Kebersihan lingkungan” Karena menurutnya Kebersihan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam kehidupan di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Masih banyak  masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan dan membuang sampah sembarangan.

Selain itu sebagai seorang Aparat Komando Kewilayahan seorang Babinsa memang harus dekat dengan warga. karena hal ini tidak hanya berdampak pada meningkatnya keamanan, namun juga pada Temu Cepat Lapor Cepat pada setiap kejadian. “Kedekatan kami dengan masyarakat akan menambah cepat quick response yang kami berikan terhadap laporan yang masuk setiap hari,” Tegas Serda Agus.

Ditemui ditempat terpisah Danramil 05/Pasar Kliwon Kapten Cba Kurdi mengatakan pekerjaan pengumpul barang bekas /pemulung sering dianggap memiliki konotasi negatif. Pekerjaannya mencari barang bekas, membuat sebagian besar orang menganggap remeh pemulung.
Namun, dengan kehadiran Babinsa diharapkan lingkungan dapat terbebas dari barang bekas yang bila dibiarkan bisa menjadi sampah. Mereka juga membantu pemerintah dalam mengelola sampah. Selain itu Kapten Cba Kurdi juga memerintahkan kepada Babinsa sebagai aparat Komando kewilayahan dituntut harus mampu melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan seluruh komponen masyarakat diwilayahnya binaan nya masing-masing, mulai dari Alim Ulama, Pengusaha hingga pelaku kriminal, tak terkecuali Pengumpul barang bekas/Pemulung, tegasnya.

Sukir yang sehari-harinya bekerja mencari barang bekas yang masih mempunyai nilai jual, untuk dijual kepada pengepul dan uang yang diterima guna mencukupi kebutuhan hidup keluarganya sehari-hari. Dia mengucapkan terima kasih kepada bapak Babinsa  yang sering menyambanginya dan mengingatkan betapa pentingnya kebersihan lingkungan rumahnya, ucapnya.(Pendim/red)

Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »