Kabar Terkini

Iklan

Iklan

EKONOMI

Bogor Raya

Advertising

Iklan

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MPLS SMP Negeri 88 Jakarta, Tanamkan Pendidikan Karakter

Dibaca 0 kali

Jakarta - MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Masa orientasi ini hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta melakukannya sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, mempererat tali persaudaraan, dan juga sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah, seperti perkenalan sesama siswa baru, guru, hingga karyawan lainnya di sekolah itu.


Sabtu (13/7), bertempat di Aula Anggrek, sebanyak 284 peserta didik baru datang mengikuti pra-MPLS, meliputi pembagian kelompok dan mentor untuk kegiatan 3 hari kedepan.

Kepala SMPN 88 Jakarta, H. Sayitno, MM, berharap MPLS yang berlangsung selama 3 hari tersebut dapat berjalan efektif, efisien, dan para peserta didik baru dapat mengikuti materinya dengan baik.
“Semoga para peserta didik baru dapat menyesuaikan diri dengan mudah pada masa pengenalan ini. MPLS harus menjadi sarana positif memperkenalkan seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya serta menanamkan berbagai wawasan dasar siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di dalam kelas,” pungkasnya.


“Selain itu siswa baru juga diajak bersosialisasi dengan berbagai kegiatan rutin yang sudah dilakukan di sekolah, seperti sholat dhuha dan tilawah sebelum pembelajaran dimulai, khusus yang beragama Islam,” tambahnya.


“Ada beberapa ekskul yang ditampilkan, seperti Rohis, Pramuka, PMR, Paskibra, Pencak Silat, dan Seni Teater,” sambungnya.

Ekskul Rohis, menyenandungkan lagu-lagu bernafaskan Islami, sementara Pramuka dan Paskibra, menampilkan kemampuannya dalam bermain semaphore dan PBB, PMR mendemostrasikan dalam menolong korban dengan melakukan pertolongan pertama dan pembuatan tandu, Pencak Silat memperagakan gerakan-gerakan beladiri, dan Seni Teater menunjukkan kemampuannya dalam hal bermain peran.

Waka Kesiswaan merangkap Ketua MPLS, Dra. Ajriah, mengatakan “Cara ini untuk menjaring minat dan bakat siswa baru terhadap ekskul yang ada di sekolah. Sebenarnya masih banyak ekskul lain, seperti futsal, bola volley, bola basket, dan badminton,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan memberikan kesan mendalam kepada peserta MPLS, bahwa belajar di sekolah yang baru itu menyenangkan,” tambahnya. (Dedik)

Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »