Kabar Terkini

Iklan

Iklan

EKONOMI

Bogor Raya

Advertising

Iklan

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Pembamgunan Tol Muara Enim - Lubuklinggau Indra laya Muara Enim Sepanjang 233 KM Dimulai

Dibaca 0 kali

Muara Enim - Pencanangan pembangunan Jalan Tol Muara Enim-Simpang Indralaya dan Muara Enim-Lahat-Lubuk Linggau dimulai pada hari Selasa (9/4/2019). Hal ini ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT)

Adapun ruas Tol Muara Enim-Simpang Indralaya memiliki panjang 119 km dengan biaya investasi sebesar Rp 24,1 triliun, sementara ruas Tol Muara Enim-Lubuk Linggau sepanjang 114,5 km biaya investasinya sebesar Rp 23,7 triliun. Keduanya memiliki masa konsesi selama 40 tahun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, dipercepatnya pengerjaan kedua ruas tol tersebut lantaran Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Palembang  segera rampung.

“Tol Trans Sumatera dari Bakauheni di Lampung sampai dengan Palembang akan segera tersambung penuh pada Juni 2019 sepanjang 350 km,” ujarnya saat menyaksikan acara penandatanganan PPJT di persimpangan Jalan Lintas Islamic Center Muara Enim-Transad, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.

Basuki berharap masyarakat Palembang dan sekitarnya bisa mendukung upaya pemerintah untuk membangun infrastruktur.

“Bukan bapak-bapak mendukung kami, tapi kami mendukung bapak-bapak. Sehingga program kerja bisa dikerjakan dengan baik. Kalau pembebasan lahan tidak ada masalah, Insya Allah bisa cepat konstruksinya,” tuturnya.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, dengan adanya dua ruas tol ini akan mempersingkat waktu tempuh berkendara dari Palembang ke Muara Enim. Menurutnya saat ini waktu berkendara dari Palembang ke Muara Enim sekitar 4 jam lebih.

"Setelah selesai ruas dari Palembang, Indralaya ke Muara Enim hanya 1,5 jam sampai 2 jam maksimal," tambahnya.

Dirinya pun menargetkan pembebasan lahan bisa selesai April tahun ini. "Dengan begitu rencana kami bisa operasi terlebih dahulu Muara Enim-Lubuk Linggau pada Februari 2022. Kemudian untuk ruas Muara Enim-Simpang Indralaya Desember 2022. Untuk jadwal operasinya 2 bulan setelah selesai konstruksi," ujarnya. (Red)

Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »