Kabar Terkini

Iklan

Iklan

EKONOMI

Bogor Raya

Advertising

Iklan

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

MTQ Tingkat Provinsi Lampung Usung Tema Tentang Perlunya Menghargai Waktu

Dibaca 0 kali

Desain Panggung Utama MTQ Ke-47 Provinsi Lampung di Tubaba. Menggunakan konstruksi bambu sebagai wujud kearifan lokal. (photo dok.)
Tulang Bawang - MTQ ke-47 tingkat Provinsi Lampung yang akan berlangsung di Kabupaten Tulang Bawang Barat, tanggal 26 April hingga 3 Mei 2019 mendatang, mengusung tema besar yaitu: “Allah Memberi Waktu, Kita Menuju Cahaya.” Tema ini mengajak kita untuk lebih menghargai waktu, memanfaatkannya untuk beribadah, meningkatkan keimanan, beramal sholeh, serta nasehat-menasehati dalam kebenaran dan kesabaran.

Dalam konsep Islam, waktu sangatlah penting karena ia tidak bisa terulang. Memanfaatkannya secara efisien adalah hal yang harus dilakukan untuk meraih kebaikan bagi diri sendiri maupun bersama.

"Lorong Waktu", terowongan dari bambu, akses menuju mimbar utama MTQ Ke-47 Provinsi Lampung di Tubaba. Sedang dikerjakan. Keberadaan "Lorong Waktu" tersebut disesuaikan dengan tema MTQ yang mengusung tema "Allah Memberi Waktu, Kita Menuju Cahaya." (photo dok.)
Seberapa banyakkah waktu yang dimiliki manusia? Hanya Allah yang tahu kapan waktu setiap manusia berakhir. Karena sesungguhnya setiap umat berada dalam sebuah perjalanan, yang menempatkan manusia pada ruang dan waktu yang dijabarkan dalam Konsep Perjalanan Manusia menurut Al Quran yang pasti akan dilalui oleh setiap manusia. Perjalanan manusia melalui masa di alam ruh, alam rahim, alam dunia, alam kubur, hari kiamat, hisab, dan hari pembalasan.

Di arena MTQ ke-47 Provinsi Lampung, simbol perjalanan manusia dalam memanfaatkan waktu antara lain tercermin dalam “Lorong Waktu”, yaitu sebuah terowongan bambu yang merupakan jalan akses menuju mimbar utama MTQ, di Kompleks Islamic Center, Panaragan Jaya, Tulang Bawang Barat.

“Demi masa (1). Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian (2). Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran (3)”. (QS Al Ashr:1-3).

Diharapkan, penyelenggaraan MTQ ke-47 tingkat Provinsi Lampung di Kabupaten Tulang Bawang Barat benar-benar dapat menjadi sarana bagi umat Islam untuk makin menghargai waktu, memanfaatkannya untuk meraih cahaya dari Sang Khalik. (tio)

Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »