Kabar Terkini

Iklan

Iklan

EKONOMI

Bogor Raya

Advertising

Iklan

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Elektabilitas Tertinggi, Maruarar Sirait Berpotensi Duduk di DPR RI dari Jabar III

Dibaca 0 kali


BOGOR (Emsatu.com) - Politisi muda dari PDI Perjuangan, Maruarar Sirait, yang sudah 3 kali terpilih sebagai anggota DPR RI menempati posisi tertinggi tingkat elektabilitasnya di dapil Jabar III berdasarkan survei yang dilakukan oleh lembaga survei Y-Publica dalam siaran pers, Jumat (8/3) di Jakarta.

Survei Y-Publica menggunakan responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan di Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

“Mereka yang belum menentukan pilihan masih cukup tinggi, mencapai 29,6 persen,” kata Rudi Hartono Direktur Eksekutif Y - Publica dalam siaran persnya.

Ini memberi peluang bagi caleg-caleg petahana maupun pendatang baru untuk memperbesar raihan elektabilitas. “Nama-nama caleg yang lain elektabilitasnya terlalu kecil, yang jika ditotal keseluruhannya hanya tersisa 6,8 persen,” pungkas Rudi.

Dari survei tersebut diatas terlihat Maruarar Sirait yang pindah dari dapil Subang (Jabar IX), Sumedang dan Majalengka ke dapil Kota Bogor dan Kab. CIANJUR (Jabar III) dipilih oleh 11.9% responden, disusul oleh Eka Sastra dari Golkar dengan 9.0% dan Eddy Soeparno dari PAN dipilih oleh 6.5% responden di 3 besar.

Masuknya bang Ara, sapaan akrab Marurar Sirait, ini ke dapil Jabar 3 membawa perubahan yang cukup signifikan untuk perolehan suara maupun kursi di dapil Jabar 3 berdasarkan hasil survei tersebut. PDI Perjuangan yang pada Pileg 2014 yang lalu berhasil memperoleh 1 kursi DPR RI, sekarang bisa memperoleh 2 kursi DPR RI berdasrkan hasil survei tersebut. Selain Maruarar Sirait, PDI Perjuangan juga berhasil menempatkan Diah Pitaloka sebagai patahana diurutan ke 5 dengan 5.6% pilihan responden.

Dipilih terbanyak Maruarar Sirait oleh responden ini tidak lepas dari masifnya pergerakan Marurar Sirait di kota Bogor, baik melalui media alat peraga kampanye yang tersebar masif di Kota Bogor dan Cianjur, maupun melalui berita berita di media online, cetak dan televisi nasional karena beliau sering diundang sebagai nara sumber oleh TV nasional dalam posisinya sebagai influencer Tim Kampanye Nasional Jokowi Ma'ruf Amin. Bang Ara juga aktif turun ke masyarakat dan membuat gebrakan gebrakan di Internal partai dengan membantu perbaikan perbaikan kantor PAC se Kota Bogor juga melakukan deklarasi dukungan terhadap pemenangan Jokowi bersama caleg caleg DPRD kota Bogor, selain itu beliau juga aktif hadir dalam kegiatan besar di Kota Bogor seperti acara Natal bersama dan Bogor Street Festival - Cap Go Meh 2019 yang lalu.



Tokoh Kota Bogor Teddy Sastra menururkan, pembawaannya yang ramah dan mudah bergaul dan rajin bergotong royong juga membuat bang Ara mudah dikenal dan diterima semua kalangan di kota Bogor dan Cianjur.

"Maruarar Sirait itu orang yang humble dan sopan dalam bersikap dan bergaul, walau dia sudah terkenal sebagai nara sumber dalam beberapa acara TV tapi ternyata orangnya tidak sombong dan sangat sopan pada saat bertemu. Saya tidak aneh kalau dia bisa terpilih kembali di dapilnya yang baru sekarang, karena warga Kota Bogor orangnya sangat respek dan welcome terhadap orang yang seperti beliau," ucapnya.

"Kota Bogor ini pemilih rasionalnya banyak sekali dan mereka aktif menonton acara debat debat politik di TV nasional, kebanyakan dr warga Bogor pasti sudah banyak yang mengenal Maruarar Sirait sebelum dia maju sebaga caleg DPR RI dr dapil kota Bogor dan Cianjur. Pendapat nya yg cerdas dan dengan penuturan bahasa yg mudah dimengerti masyarakat membuat warga Bogor yg rasional pasti suka karena mereka orang orang yang objektif, dan pada saat Ara maju dr kota Bogor maka pasti akan banyak dipilih oleh pemilih rasional tadi." Demikian disampaikan Suhu Guntur tokoh masyarakat kota Bogor.

Ia menilai Maruarar pekerja keras di politik dan berbuat banyak untuk rakyat demi bangsa dan negara tidak sekedar pandai bicara tapi kerja nyatanya luar biasa untuk bangsa ini. "Sosok Ara dimata saya politisi yang santun, anak muda yang kelak akan menjadi pemimpin yang bijak," jelasnya.

Sekretaris DPC PDIP Atty Somadikarya mengatakan, Maruarar adalah politisi muda PDI Perjuangan yang tidak hanya mementingkan diri dia sendiri saja pada saat pileg dan pilpres sekarang, beliau justru masih memikirkan perbaikan kantor PAC se kota Bogor, membuat seragam seluruh ranting se kota Bogor, membantu DPC pada saat acara acara konsolidasi internal partai dan membantu acara acara deklarasi untuk pemenangan Jomowi Ma'ruf Amin. 

"Bang Ara sudah memberikan contoh yang baik agar sebagai kader partai jangan egois memikirkan dirinya saja dalam pemilu sekarang tapi juga harus memperhatikan konsolidasi internal untuk kekompakan dan pemenangan partai dan pemenangan capres dan cawapres yang diusung PDI Perjuangan. Jadi tidak aneh kalau beliau banyak dipiilih nantinya," katanya.

Nada serupa juga disampaikan Ayi Makmun selaku ketua ranting Sukasari. "Meskipun sudah jadi tokoh nasional, bang Ara masih mau turun dan menyapa masyarakat langsung, berdialog dengan warga. Jadi pasti masyarakat senang bs bertemu tokoh yang selama ini hanya bs dilihat di televisi ternyata mereka bisa langsung bertemu," singkatnya.

Selain Maruarar Sirait dan Eddy suparno, yang cukup mengejutkan juga masuknya politisi pendatang baru dari Partai Solidaritas Indonesia ( PSI) di 9 besar elektabilitas tertinggi caleg DPR RI dapil Jabar III yi Daniel Tumewa praktisi E-Comerce dengan 5.1% elektabilitasnya. (MTH)

Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »