Kabar Terkini

Iklan

Iklan

EKONOMI

Bogor Raya

Advertising

Iklan

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Jaran Kepang, Semarakan Peresmian Gedung Baru SMPN 88 Jakarta

Dibaca 0 kali

Jakarta  - Seni Tari Kuda Kepang ( kesenian Adiluhung), yang  secara historis berasal dari Pulau Jawa, menjadi salah satu atraksi/hiburan menarik yang ditampilkan pada Acara Peresmian gedung baru SMP Negeri 88, yang berlokasi di  Jl. Anggrek Garuda,  Slipi,  Jakarta Barat, Jumat (8/3)

Keistimewaan kesenian ini, mereka bergoyang dan menari berlenggok-lenggok mengikuti irama musik tradisional. dimainkan dengan properti berupa kuda tiruan, yang terbuat dari jaranan buatan dari bambu yang di bentuk menyerupai kuda atau jaran kepang.

“Kesenian kuda kepang mempunyai nilai-nilai estetika, nilai budaya, nilai gotong royong serta nilai silaturahmi, di mana para pemain mempunyai peranan masing-masing, sehingga dalam keselarasan kekompakan dalam sebuah tim kuda kepang tersebut dapat dinikmati saat di pertontonkan,” kata H. Sayitno, MM Kepala SMPN 88.

Menurut salah seorang anggota “Sanggar Tri Manunggalsari”, Ciganjur, Matua, Tanah Baru, “Makin maraknya kesenian tradisional kuda kepang ini merupakan sebuah fenomena, seolah menjadi magnet hiburan yang dinanti karena kesenian massal yang memasyarakat,  bagi kalangan atas hingga masyarakat bawah.  Hal tersebut terlihat dari mulai adanya regenerasi para pemain kesenian di mana para generasi muda mulai terlibat hingga ke kalangan orang tua,” ungkapnya

“Terlihat para seniman kuda kepang, tidak hanya didominasi orang tua saja namun anak muda pun tampak semangat ikut andil menyemarakkan kesenian warisan nenek moyang tersebut,” tambahnya. (Dedik)

x

Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »