Kabar Terkini

Iklan

Iklan

EKONOMI

Bogor Raya

Advertising

Iklan

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Stunting Akibat Gizi Buruk

Dibaca 0 kali

Opini Remaja

Oleh : *Hani Lailatul Husna*

Stunting…? Mungkin dikalangan ibu-ibu kata tersebut sudah tidak asing lagi. Ya, stunting adalah kondisi gagal pertumbuhan pada anak, baik pada bagian tubuh ataupun otak yang disebabkan karena kekurangan gizi dalam waktu lama. Sehingga anak lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan berfikir.

Seorang ibu hamil yang mengalami gizi buruk tentu akan berpengaruh terhadap janin yang ada di rahimnya . Gizi buruk dapat terjadi karena kekurangan asupan vitamin dan mineral serta zat-zat yang lain yang dibutuhkan tubuh.

Sedangkan kita paham bahwa penduduk Indonesia sebagian besar merupakan kelompok menengah ke bawah. Jangankan membeli makanan bergizi yang tentu saja harganya tidak murah, untuk makan sehari-hari saja susah.
Olahan sayur hanya didapat dari daun-daunan yang ditemukan di pinggiran sungai ataupun sawah. Lauknya pun sederhana, tahu dan tempe dengan garam atau kerupuk seadanya.  Mengkonsumsi telur hanya sebulan sekali, makan daging hanya saat lebaran, buah-buahan juga hanya dibeli saat Maulid Nabi. Susu? Ah rasanya dapat minum air bersih saja sudah bersyukur.

Bukan tidak ingin, namun kondisi ekonomi lah yang membuat mereka seolah tak ada pilihan lain. Beruntung bagi si kaya, asupan nutrisi jelas terpenuhi. Tak heran jika anaknya tumbuh normal dan cerdas seperti balita pada umumnya.

Bagaimana dengan mereka yang untuk makan nasi putih saja masih harus berhutang beras pada tetangga?
Baiklah. Sekarang kita temukan solusinya yang tak lain hanyalah islam. Mengapa demikian? karena islam juga mengatur ketercukupan gizi pada setiap balita. Mengkonsumsi buah-buahan dan susu segar dapat mengembangkan IPTEK (Q.S Al An'am : 99 dan An Nahl : 66)
Mengkonsumsi ikan laut sebagai sumber protein paling melimpah (Q.S An Nahl : 14)
Membaca basmalah pada setiap penyembelihan hewan halal mengandung pesan keimanan (Q.S Al An'am : 118)

Lantas bagaimana dengan mereka yang ekonominya masih sulit? Tenang saja, islam takkan membiarkan siapapun menderita. Asupan gizi pada ibu hamil dan balita tentu terpenuhi dan terjamin.
Namun ini hanya bisa terjadi saat syariat islam diterapkan secara kaffah.

Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »