Kabar Terkini

Iklan

Iklan

EKONOMI

Bogor Raya

Advertising

Iklan

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Dinkes Imbau Masyarakat Waspada Penyakit Pascabanjir

Dibaca 0 kali

Pekalongan - Warga terdampak banjir di Kota Pekalongan harus mewaspadai penyakit pascabanjir akibat perubahan sanitasi seperti diare, ispa, demam, tipus, kolera, disentri, demam berdarah, dan leptospirosis. Sumber air yang terkena limpahan air banjir harus diberi kaporit, sumur juga harus diinspeksi agar bersih dan aman dikonsumsi.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto SKM M.Kes, Kamis (31/1/2019). “Banjir membuat perubahan sanitasi yang harus kita waspadai dan atasi, genangan air dikhawatirkan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk,” tutur Budi.

Menurut Budi, warga terdampak banjir perlu mewaspadai penyakit  leptospirosis yang dapat ditularkan melalui tikus. Hewan ini dapat membawa bakteri leptospira yang berbahaya untuk kesehatan. “Warga terdampak banjir tak perlu segan untuk memeriksakan kesehatannya sebagai antisipasi penyakit pascabanjir. Tergenang air dalam waktu yang lama tentu menyebabkan stres dan kurang tidur,” papar Budi.

Sejak Minggu (27/1/2019) Dinkes telah menugaskan Tim Kesehatan dari Puskesmas, Tim PSC 119 Brayan Sehat untuk membantu mengevakuasi warga dan pasien di puskesmas yang terdampak banjir, memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan keliling bagi para pengungsi, dan berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pekalongan dan Dokkes Polres Pekalongan Kota untuk membantu pelayanan penanganan bagi para pengungsi. “Pascabanjir ini warga yang terdampak banjir harus mulai meningkatkan daya tahan tubuhnya, menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang perkembangbiakan penyakit. Dinkes juga menyampaikan terima kasih atas semua partisipasi dan bantuan dari masyarakat maupun swasta dalam penanganan kesehatan pada saat dan pasca banjir,” tandas Budi. (Red)

Sumber : (Dinkominfo Kota Pekalongan)

Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »