Kabar Terkini

Iklan

Iklan

EKONOMI

Bogor Raya

Advertising

Iklan

Subscribe Here

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

800 Rumah di Kota Bogor Rusak Diterjang Puting Beliung

Dibaca 0 kali



BOGOR (Emsatu.com) - Cuaca mendung gelap akibat adanya awan Cumulonimbus telah menyebabkan bencana puting beliung menerjang wilayah Kecamatan Bogor Selatan sekira jam 15.00 WIB. Puting beliung kemudian disertai hujan deras dan pohon tumbang melanda wilayah Kelurahan Lawanggintung, Cipaku, Kelurahan Batutulis, Kelurahan Pamoyanan, Rangga Mekar yang ada di Kecamatan Bogor Selatan. Selain itu, sejumlah Kelurahan lainnya di Kecamatan Bogor Timur dan sekitarnya banyak rumah rumah warga terkena puting beliung. 

Dalam data sementara yang diterima redaksi, peristiwa tersebut mengakibatkan satu warga meninggal dunia atas nama Ibu Enny Reno warga BNR, Bogor Selatan, dan sedikitnya 800 unit rumah rusak. Selain korban jiwa dan rumah rusak, bencana ini juga mengakibatkan sejumlah kendaraan ringsek,  yakni Toyota Ayla hitam F 1577 RJ, Toyota Avanza silver F 1618 EY  (yang dikendarai Enny Reno), angkot 14 F 1909 AZ, Angkot 02 F 1932 AF. 



Sebanyak 800 rumah yang mengalami kerusakan akibat disapu angin puting beliung terdiri dari, 770 unit rumah berada di wilayah Kecamatan Bogor Selatan dan 30 unit wilayah Kecamatan Bogor Timur.

Peristiwa bencana angin puting beliung menjadi keprihatinan berbagai pihak. Walikota Bogor Bima Arya mengintruksiman penyaluran bantuan darurat bagi para korban.

“Hujan badai dan angin puting beliung yang melanda Kota Bogor di wilayah Bogor Selatan dan Timur sore tadi mengakibatkan ratusan rumah rusak. Bencana juga mengakibatkan satu orang meninggal dunia atas nama Ibu Enny Reno warga BNR, Bogor Selatan. Duka cita kami untuk keluarga Almarhumah. Pemkot akan memberikan santunan dan bantuan maksimal untuk keluarga korban,” ungkap Bima Arya, dalam siaran pers, Kamis (6/12/2018).



Ia menambahkan, saat ini Pemkot bersama TNI/Polri, BPBD dan Tagana Kota Bogor masih melakukan pendataan di lapangan, evakuasi serta pembersihan jalur transportasi di lokasi bencana.

“Saya juga sudah menginstruksikan  Camat hingga Lurah untuk berkoordinasi dengan Dinsos dan BPBD guna menyalurkan bantuan darurat sesegera mungkin,” tandasnya.

Bima juga mengimbau warga untuk tetap waspada dengan menghindari berkendara saat hujan lebat dan tidak memarkir kendaraan di bawah pohon. “Jika ada potensi angin perhatikan arahnya dan jangan melintas didepan arah pergerakan angin puting beliung termasuk berteduh di bangunan tua atau yang potensial roboh. Pantau semua kanal informasi prediksi cuaca dan akun @pemkotbogor untuk antisipasi bencana ke depan,” pungkasnya. (SHT)

Berikutnya
« Prev Post
Artikel Sebelumnya
Next Post »